"Learning should be fun and painless, not hard and laborious. If the teacher is enthusiastic and creative, the students will follow." -Quotes taken from the book "Teaching from the Heart" by Sharon M.Draper-

Tuesday, 17 December 2013

Kehebohan Kopdar ACER Guraru di Acara Penganugerahan Guraru Awards 2013



Para Pemenang Guraru Awards Periode Lalu
Hari Sabtu tanggal 23 November lalu adalah hari bersejarah bagi komunitas ACER Guraru karena untuk pertama kalinya komunitas ini mengadakan kopi darat (kopdar). Tempat diadakannya acara istimewa ini yaitu di kantor ACER Indonesia yg terletak di The Plaza Office Tower lantai 42,tepatnya di belakang Plaza Indonesia Thamrin Jakarta. Wah,langsung terbayang indahnya pemandangan Jakarta dari lantai 42.

Kopdar ini jelas sangat spesial bagi saya dan teman-teman Guraru lainnya karena kami bisa bertatap muka secara langsung dengan para aktivitis Guraru. Saya melihat disana ada pak Agus, Om Jay, bu Amiroh, bu Mugi, bu Resty, pak Sawali, pak Rudy, pak Sukani dll. Pokoknya sehari itu saya dikelilingi oleh guru-guru inspiratif,guru-guru kreatif,guru-guru yg kerenlah! Tadinya saya mau foto bersama mereka satu persatu sambil minta tanda tangan tapi nanti dikira acara jumpa fans . 

Acara kopdar Guraru diawali terlebih dahulu dengan sharing session bersama bapak Bukik Setiawan yang membahas tentang "Transformasi Peran Guru di Era Pendidikan Digital ". Pada sesi ini saya sempat melakukan live tweet dari akun twitter saya @fit_star.

Kemudian ada juga mini class, dimana saya memilih mini class bersama ibu Amiroh dengan topik tentang " Langkah-langkah untuk menggunakan gamification dalam pengajaran di kelas". Kelas bu Amiroh adalah kelas yang paling banyak peminatnya dan paling heboh. Tapi yang paling menarik perhatian dan tidak kalah hebohnya adalah acara puncak penganugerahan Acer Guraru Awards 2013. Wow,ini dia yg ditunggu-tunggu! Namun sebelumnya tiga kandidat harus mempresentasikan karyanya masing-masing.

Peserta pertama adalah pak Rudi Hilkya, guru asal Kalimantan yg sekolahnya berada di pedalaman. Judul presentasinya adalah "Aplikasi graphic dalam pengajaran untuk digital natives". Saya suka sekali dengan gaya pak Rudi mempresentasikan karyanya. Beliau terlihat begitu bersemangat,cerdas, dan benar-benar memperhitungkan segala tindakannya bagi kemajuan anak-anak didiknya. Saya belajar dari beliau betapa besar peran sebuah riset dalam mengambil keputusan-keputusan penting. Peserta kedua adalah ibu Mugi Rahayu,guru ekonomi SMK yg juga satu-satunya kandidat wanita ini membahas topik mengenai "Aplikasi simulasi dalam pengajaran untuk digital natives ". Kelihatan sekali kalau beliau adalah guru yang sangat dekat dan perhatian dengan anak-anak didiknya. Sungguh beruntung murid yg memiliki guru perhatian seperti ini. Dan peserta ketiga adalah pak Sukani dengan presentasinya "Aplikasi games dalam pengajaran untuk digital natives". Suara pak Sukani yang menggelegar mampu menggetarkan seluruh penghuni lantai 42. Tapi saya sangat suka dengan tampilan presentasi beliau yang sangat interaktif , atraktif dan futuristik. Terlihat jelas kalau beliau sangat ahli dalam mendesain presentasi yang menghibur, salah satunya animasi pak Sukani yg tengah berjoget-joget. Fenomenal! Goyangan maut animasinya berhasil membuat kami sakit perut. Presentasi yang sangat-sangat menghibur pak!

Tibalah waktu penentuan para juara Acer Guraru Award 2013. Sebelumnya para juri mengajukan pertanyaan ke setiap kandidat. Setelah dirundingkan bersama,para juri memutuskan siapa yg berhak menjadi Juara 1,juara 2 dan juara 3.

Inilah Para Pemenang Guraru Award 2013 dari kanan ke kiri ( Pak Sukani, Pak Rudi dan Ibu Mugi )
Dan yang berhak menjadi juara 1 adalah Pak Sukani, juara 2 Pak Rudi, juara 3 Ibu Mugi. Akhirnya,acara kopdar ACER Guraru pun ditutup dengan foto bareng yang super heboh. Tidak lupa juga kita saling memberi selamat walau sedih juga harus mengucap salam perpisahan dengan para guru dari seluruh pelosok indonesia. Namun kami semua pulang dengan wajah senang apalagi ACER telah berbaik hati menyediakan tempat untuk kopdar, menjamu kami dengan kue yg enak-enak, kopi starbuck yang hangat dan makan siang superrr lezzaaat tiada duanya. Ah surga dunia sekali! Terima kasih banyak buat ACER Indonesia. Tanpa ACER tentu tidak ada yang namanya Guraru. Kapan-kapan kita kumpul kopdar lagi yuk!

1 comment:

Sary Melati | @saryahd said...

Hai Mak. Jalan-jalan di blognya Mak Fitta for Srikandi Blogger 2014. Good luck ya! :)